Cara Merakit PC


Tidak semua orang bisa merakit PC. Kalau caranya salah, bahan-bahan PC yang akan dirakit jadi rusak. Nah, ini ada sedikit tips untuk merakit PC dengan benar. Mari di simak.

1.Menyiapkan Motherboard
Siapkan Motherboard di tempat yang rata dan kering, hindari meletakan Motherboard pada alas yang dapat menghantarkan arus listrik.

2.Memasang Processor ke Mother Board
-Buka Tungkai pengait pada songket processor, siapakan processor yang akan dipasang, perhatikan tataletak pemasangan dengan baik, terutama pada bagian ujung biasanya dijadikan patokan. Perhatikan kode titik atau sisis processor dengan bentuk miring merupakan petunjuk agar processor itu dipasang pada bagian slot yang memiliki tanda yang sama. Bacalah manual processor dari pabriknya Apabila Kurang Hati2 / terbalik memasang Processor bisa berakibat sangat Fatal.
-Pasanglah processor dengan sangat hati-hati sampai benar-benar terpasang dengan Baik kemudian tutp tungkai pengait.

3.Memasang Fan/Kipas
-Hal Yang sama perlu diperhatikan saat pemasangan Fan, perhatikan posisi kabel daya pada fan dan konektor daya pada motherboard.
-Pasanglah Fan di atas processor secara hati-hati dan pastikan telah terpasag pada 4 slot pasa songket motherboard.
-Tekan dan putar pengait pada keempat kaki fan tersebut sampai benar-benar Terkunci.
-Hubungkan kabel daya pada fan pada songket konektor daya motherboard.

4.Memasang RAM/Memory
-Pasanglah RAM Pada Songketnya Dengan Baik, Perhatikan sudur memory yang biasanya berlekuk harus diletakan pada tempatnya secara berhati-hati. Apabila Anda Terbalik memasangnya, maka RAM akan sulit dimasukan. Pada jenis SDRAM, Dudukan Memory di Motherboard memiliki pengunci yang akan mengunci bersamaan dengan masuknya memory kedalamnya.

5.Memasang Motherboard pada Casing
-Masukan motherboard ke dalam casing, kaitkanlah pengait plastikyang biasanya disediakan oleh pabrik cashing, kedalam lubang yang terdapat pada motherboard. Pada sudurt yang memungkinkan anda tempatkan baut.
-Bautlah motgerboard tersebut dengan benar dan kuatm agar tidak terjadi pergeseran pada saat CPU dipindahkan.

6.Memasang Power Suppy
-Biasanya Power supply sudah tersedia pada casing pada saat anda membelinya, dan apabila blum maka pasanglah power supply pada tempatnya di casing. Kencangkan dengan membautnya pada casing.
-Pasanglah kabel khusus catu daya motherboard yang ada pada power supply ( biasanya dituliskan P8 dan P9 ), Kabel bewarna hitam dari kedua konektornya harus dipasamg berdampingan.
-Jika Anda menggunkan motherboard jenis ATX, pasanglah kabel power khusus ATX yang terdapat pada motgerboard.

7.Memasang Hard Disk
-Pasanglah hard disk pada tempat yang telah tersedia dalam casing CPU, kencangkan Dengan Baut secara hati-hati.
-Perlu diperhatikan untuk CD-ROM dan Hard disk jumper terpasang denga benar, karena akan mengidentifikasikan sebagai master dan slave, karenan jika salah hard disk / CD-ROM tidak akan terdeteksi.

8.Memasang Floppy Disk
Pasanglah floppy disk pada tempat yang telah tersedia dalam chasing CPU, kencangkanlah dengan baut.

9.Memasang CD Rom
Pasanglah CD-ROM pada rempat yang telah tersedia dalam cashing CPU, kencangkan dengan Baut.

10.Memasang Kabel Data & Kabel Power Hard disk, Floppy Disk, Cd Rom Dengan Motherboard.
-Sambungkan kabel dari power supply ke slot power yang terdapat di hard disk, flopy drive dan CD-ROM drive.
Pasang kabel power pada hard disk, disk drive, dan CD-ROM.
-Sambungkan Kabel Pita ( Kabel Data ) pada slot yang terdapat pada hard disak, floppy drive, dan CD-ROM. Kabel ini berfungsi untk menghubungkan peralatan tersebut ke Motherboard. Pergatikan sisi kabel berwarna merah garus ditempatkan pada kaki nomor satu ( lihat keterangan yang dituliskan pada harddisk / CD-ROM/ floppy drive). Bila terbalik memasangnya kompiter tidak akan bekerja baik dan dapat merussak peralatan tersebut. Kabel yang terhubung pada floppy drive lebih sempit bila dibandingkan dengan kabel yang terhubung pada CD-ROM ataupun Hard disk. Kabel Penghubung CD-ROM dan dan hard disk sama ukurannya. Untuk kabel pita strip merah pada pinggir kabel menandakan no : 1.
-Sambungkan kabel dari flopy drive ke slot untuk flopy drive, demikian pula sambungkan kabel dari hard disk ke slot IDE No 1, dan Kabel CD-ROM ke slot IDE No 2. Perhatikan juga agar sisi kabel bewarna merah harus menempati kaki no 1 pada tiap slot.

11.Memasang Kartu Grafis (VGA)
-Untuk Kebutuhan yang sederhana Kartu grafis gan kartu suara yang sudah ada pada motherboard sebenarnya sudah cukup namun untuk kualitas vidio dan audio yang lebih bagus tidak ada salahnya menambahkan Kartu grsfis dah suara yang terpisah.
-Cari slot express pada motherboard ( jika kartu grafis bertipe AGP, carilah slot AGP)
-Masukan Kartu Grafis ke slot tersebut.
-Sekrup karu grafis agar tidak tergeser.

12.Memasang Kartu Suara ( Sound Card )
-Untuk memasang kartu suara, cari slot PCI pada motherboard
-Pasang kartu suara pada salah saru slot PCI yang tersedia.
-Seperti ketika memasang CD/DVD drive, lepas panel depan dibawah CD/DVD drive pada casing terlebih dahulu dan masukan tombol-tombol pengatur tersebut.
-Pasang kabel dayadari power supply ke panel kartu suara depan
-Pasang juga kabel data dari kartu suara ke panel depan.

13.Menghubungkan Kabel Daya Dengan Konektor
Hubungkan konektorkabel penghubung tombol “Reset” ke Pin “Reset” yang terdapat pada motherboard. Hubugkan pula konektor kabel penghubung speaker ke pin bertuliskan speaker yang ada pada motherboard. Sering di tulis dengan LS. Beberapa casing telah dilenhkapi pula kabel lampu indikator berikut kabel penghubungnya lengkap dengan konektornya agar perakit komputer tinggal menghubungkannya saja ke motherboard.

14.Menghubungkan komponen-komponen luar
PC Anda telah selesai dirakit sekarang hanya perlu menghubungkan dengan perangkat-perangkat luar seperti Monitor, mouse, keyboard, speaker sebelumnya rapihkan kabel-kabel dan tutup casingnya.

Memang PCnya sudah selesai dirakit namun masih belum bisa digunakan. Anda harus mengatur Progam BIOS dan menginstal Progam Sistem Operasi dan Progam Aplikasi ke dalam hard disk. Sebelum Anda mengatur progam BIOS, sebaiknya Anda cek kembali semua langkah yang telah dilakukan tadi. Perhatikan posisi Jumper, jangan sampai salah, demikian pula processor dah RAM serta Kabel-kabel dan komponen-komponen yang ada di dalamnya.

sumber

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment