E-Commerce

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

2.1 PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK

Manfaat perdaganan melalui jaraingan Elektronik :
1.pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2.hubungan dengan pemasok dan masyaratak keuangan yang lebih baik
3.pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat

Kendala perdaganan melalui jaringan elektronik :

Biaya tinggi, maksudnya untuk melakukan atau membuka perdaganan secara online itu sangan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena itu biasanya bisnis ini di lakukan oleh orang menengah ke atas , tetapi ada juka yg menekuni bisnis ini dari kalahgan menengah ke bawah
Masalah keamanan, yaitu dalam e-commerce masalah keamananya masih banyang yg di ragukan, banyak juga yang pihak-pihak nakal yang mengsalah gunakan system seperti ini , dengan menipu si korban untuk melakaukan apa saja, maka dari itu ini merukapan kendala yang besar
Perangakat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia , maksdnya masih banyak aplikasi-aplikasi yang kurang mendukung untuk manjalankan pada e-commerce, dan banyak aplikasi yang masih teratas yang di keluarkan oleh vendor, sehingga dapat di katanan sebagai kendala e-commerce

Jalan menuju perdaganan melalui jaringan elektronik :
Mengumpulkan intelijen bisnis
Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)

Strategi Perdaganan Melalui Jejaring Elektronik
Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik dapat dilakukan dengan :

Sistem antar organisasai (IOS) adalah suatu kombinasi perusahaan-peusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal.
Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Pertukaran data elektronik (Electronik data interchange – EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan. Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya serta pelanggan. Dalam EDI memungkinkan terjadinya transfer dana secara eleltronik (electronik funds transfer) sehingga memudahkan dalam proses transaksi.

Sistem antar organisasi
Manfaat IOS

Ada beberapa manfaat IOS yaitu :
Efisiensi komparatif : internal dan antar organisasi
Kekuatan tawar menawawar : kekuatan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dng pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.

Kekuatan ini berasal dari 3 hal :
Keistimewaan produk yang unik
Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
Peningkatan biaya peralihan.

Pertukaran Data Elektronik (EDI)
HUbungan EDI yang umum :
Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya serta pelanggan. Dalam EDI memungkinkan terjadinya transfer dana secara eleltronik (electronik funds transfer) sehingga memudahkan dalam proses transaksi

Standar EDI :
Kunci dari aplikasi EDI terletak pada kodifikasi dan strukturisasi data menjadi sebuah format yang umum dan disetujui. Proses kodifikasi dan strukturisasi dokumen-dokumen untuk transaksi bisnis tidaklah sederhana. Standar EDI dikembangkan di berbagai sektor industri, dalam berbagai negara, dan prosesnya dipengaruhi oleh struktur-struktur komite dan prosedur yang rumit. Berikut adalah beberapa contoh standar EDI: EDIFACT (dirancang oleh PBB), BACS (digunakkan dalam Britania Raya), ODETTE (digunakkan dalam industri otomotif Eropa), ANSI X12 (digunakkan dalam berbagai sektor bisnis di Amerika Utara).
Tingkat Penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan EDI :
Pemakai tingkat satu : hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.

Pemakai tingkat dua : banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang.

Pemakai tingkat tiga : aplikasi komputer disesuaikan dengan standart EDI.

Manfaat EDI
Mengurangi kesalahan
Mengurangi biaya
Meningkatkan efisiensi opersional
Meningkatkan kemampuan bersaing
Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
Meningkatkan pelayanan pelanggan.

Teknologi Perdaganan Melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Banyak operasi itu bersifat internal,dilakukan dalam perusahaan oleh bidang fungsional keuangan, manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa informasi.Beberapa operasi lain mencakup hubungan perusahaan dengan kedelapan elemen lingkungan(Pemasok, Pelanggan, Serikat Pekerja, Masyarakat/Lembaga Keuangan, Pesaing, Pemegang saham atau Pemilik, Pemerintah, dan Masyarakat global). Teknologi yang dipakai yaitu teknologi yang memakai jasa internet, perusahaan yang memakai jasa internet, untuk melakukan perdagangan yang khususnya dalam bidang elektronik.


Kesimpulan
Sudah menjadi trend sekarang jual-beli / transaksi melalui internet / online orang beranggapan itu menjadi lebih mudah dan gampang. Tidak sedikit orang yang menggelutin E-commerce ini , tetapi di lihat dari kekuranganya kita harus lebih berhati-hati lagi dan jeli.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment